Senin, 08 November 2010

PERAN DAN TUGAS ANGGOTA KELUARGA

[Enter Post Title Here]


pKeluarga adalah suatu kelompok sosial terkecil. Sama seperti dengan yang lainya didalam keluarga terbagi beberapa tugas yag diemban oleh anggota keluarga itu sendiri.

1.      Ayah
§  Bertanggung jawab kepada seluruh anggota keluarga
§  Melindungi seluruh anggota keluarga.
§  Mencari nafkah untuk keluarga.
§  Mendidik dan memberi nasihat kepada anak-anak.

2.      Ibu
  1. Mengurus keperluan rumah tangga.
  2. Mendampingi ayah dalam mengurus anak-anak.
  3. Mengtur gizi makanan keluarga sehari-hari.
  4. Mengatur nafkah yang diberikan ayah.

3.      Anak
  • Patuh dan taat terhadap kepada perintah orang tua.
  • Menghormati orang tua.
  • Membantu pekerjaan orang tua.
  • Belajar agar tercapai cita-cita.

Berdasarkan hal diatas sudah jelas bahwa sebuah keluarga memiliki tugas alamiah, tetapi pada masa sekarang ini sudah mulai terjadi pergeseran seperti ibu yang ikut mencari nafkah untuk keluarga. Banyak yang faktor yang membuat para Ibu ikut mencari nafkah untuk keluarga yaitu,tuntutan ekonomi, mengisi waktu kosong. Jika faktor yang pertama menjadi penyebab biasanya seorang ibu akan bekerja ekstra karena ia juga mengambilperan ayah sebagai pencari nafkah sedangkan peran alamiah seorang ibu juga banyak. Jika faktor ke 2 yang menjadi penyebab biasanya pean sibu dirumah digantikan oleh pembantu. Tidak hanya ibu yg terkadang berperan ganda. Anak pun mulai banyak yang mengambil peran anggota lain, kita sering melihat anak-anak yang mencari nafkah untuk keluarga. Biasanya faktor yang menjadi penyebab ini adalah faktor ekononomi.
Hal diatas juga menyebabkan efek negatif  yaitu tugas lami yang dimiliki anggota keluarga yang melakukan tugas lain selain tugas alamiahnya adalah tugas alamiah mereka banya yang terbengkalai. Seperti contoh ibu yang ikut bekerja biasanya lupa dengan keperluan mengurus rumah tangganya atau mgatur gizi makanan keluarga sehari-hari karen ia akan sangan sibuk dengan pekerjaannya ataupun anak yang akan kehi;angan waktunya untuk belajar.










2 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus, thank you....

Jian dheas mengatakan...

Lumayan juga

About Me

Hary Purwanto
Lihat profil lengkapku

Pengikut

template ini dibuat oleh hary purwanto. Diberdayakan oleh Blogger.